Jl. Jend A. Yani No.2, Yosorejo, Kec. Metro Tim., Kota Metro, Lampung

34124

dinkeskotametro1@gmail.com

Jam Kerja Hr. 07:30-16:00

119

24/7 Darurat

VISI DAN MISI

Dengan memperhatikan tujuan dan sasaran pembangunan kesehatan Kota Metro dan juga dengan memperhatikan perkembangan derajat kesehatan, masalah kesehatan serta berbagai kecenderungan kesehatan ke depan maka ditetapkan visi di sektor Kesehatan Kota Metro yang dikembangkan ke Puskesmas Purwosari yaitu sebagai berikut :

VISI

MENCIPTAKAN PELAYANAN YANG BERMUTU DAN PROFESIONAL, DEMI TERWUJUDNYA KELUARGA SEHAT

Makna Visi :
Keluarga yang sehat mencerminkan suatu gambaran bahwa semua aspek atau komponen-komponen yang merupakan satu kesatuan baik masyarakat maupun lingkunganya berprilaku hidu sehat dan berada dalam lingkungan yang sehat hal ini dapat diwujudkan melalui pelayanan yang bermutu dan profesional dan berkelanjutan.

MISI

  1. MEMBERIKAN PELAYANAN KESEHATAN YANG BERMUTU,   ,TERJANGKAU DAN PROFESIONAL SERTA BERKELANJUTAN
  2. MEMAKSIMALKAN PROGRAM UKBM SEBAGAI SALAH SATU UPAYA UNTUK MENDORONG PENINGKATAN PARTISIPASI DAN KEPEDULIAN MASYARAKAT DIBIDANG KESEHATAN
  3. MENDORONG KEMANDIRIAN HIDUP SEHAT BAGI KELUARGA DAN MASYARAKAT MELALUI GERAKAN PROGRAM PHBS
  4. MELAKUKAN INOVASI DALAM KEGIATAN PROGRAM KESEHATAN

MOTTO

KENYAMANAN ANDA ADALAH TUJUAN KAMI

TATA NILAI

S : SEMANGAT

     Dalam menjalankan tugas harus didasari dengan semangat kebersamaan.

A : AMAN

      Dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat sangat memperhatikan factor  keselamatan baik pasien maupun pemberi pelayanan.

R : RAMAH

      Dalam  memberikan pelayanan kepada Masyarakat harus Senyum dan Ramah

I  : ISTIQOMAH

      Semua aturan, kesepakatan yang telah ditetapkan  harus dijalankan secara terus menerus.

MAKLUMAT PELAYANAN

“Dengan ini, kami menyatakan SANGGUP menyelenggarakan pelayanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan. Dan apabila tidak menepati janji ini, kami  siap menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku”.

PERSYARATAN PELAYANAN

Persyaratan adalah syarat (dokumen atau barang/hal lain) yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan, baik persyaratan teknis maupun administratif.

Persyaratan pelayanan di UPTD Puskesmas Purwosari yaitu :
1. Kartu identitas : KTP/Kartu Keluarga (KK), atau
2. Kartu berobat, atau
3. Bagi peserta JKN : Kartu JKN/BPJS Kesehatan.

    ALUR PELAYANAN

    JANGKA WAKTU PELAYANAN

    NOBAGIAN PELAYANANJANGKA WAKTUDEFINISI OPERASIONAL
    1



    Pendaftaran dan Rekam Medis  
    Pasien Baru
    Pasien Lama    
    10 menit
    5 menit    
    Dihitung sejak pasien menyerahkan kartu identitas/ kartu berobat/ kartu JKN sampai rekam medis diantar ke unit pelayanan
    2





    Pelayanan Pemeriksaan Umum  
    Konsultasi medis dan pemeriksaan5 – 10 menitPasien masuk sampai menerima resep
    Tindakan medis10 – 15 menitPasien masuk sampai menerima resep
    3Pelayanan Gawat Darurat5 – 10 menitRespon petugas dimulai dari pasien masuk sampai pasien mendapatkan penanganan
    4












    Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut  
    Konsultasi medis2 – 5 menitPasien masuk sampai menerima resep
    Pencabutan gigi anak5 – 10 menitPasien masuk sampai menerima resep
    Pencabutan gigi dewasa10 – 20 menitPasien masuk sampai menerima resep
    Penambalan gigi10 – 20 menitPasien masuk sampai menerima resep
    Pembersihan karang gigi15 – 30 menitPasien masuk sampai menerima resep
    5





    Pelayanan KIA/KB  
    Ibu hamil kunjungan pertama dengan pemeriksaan laboratorium25 – 30 menitPasien masuk sampai menerima resep      
    Ibu hamil kunjungan ulang7 – 10 menitPasien masuk sampai menerima resep
     Ibu hamil kunjungan ulang dengan pemeriksaan laboratorium25 – 30 menitPasien masuk sampai menerima resep
    Pelayanan KB pil dan kondom2 – 5 menitPasien masuk sampai konseling tanggal kembali
    Pelayanan KB suntik5 menitPasien masuk sampai konseling tanggal kembali suntik
    Pelayanan pemasangan KB implan15 – 20 menitPasien masuk sampai menerima resep
    Pelayanan aff implan25 – 30 menitPasien masuk sampai menerima resep
    Pelayanan pasang KB IUD25 – 30 menitPasien masuk sampai menerima resep
    Pelayanan aff IUD20 – 25 menitPasien masuk sampai menerima resep
    Pelayanan IVA20 – 25 menitPasien masuk sampai menerima resep
    6






    Pelayanan MTBS  
    Konsultasi medis dan pemeriksaan15 – 20 menitPasien masuk sampai menerima resep
    SHK30 – 40 menitPasien di anamnesa sampai pelayanan SHK selesai
    Imunisasi HB05 menitPasien masuk sampai menerima resep
    7Pelayanan Imunisasi20 – 30 menitPasien diberi imunisasi sampai selesai observasi
    8






























    Pelayanan Laboratorium  
    Hb digital (stick)≤ 10 menitPasien masuk sampai menerima hasil
    Golongan darah≤ 15 menitPasien masuk sampai menerima hasil
    Gula darah (stick)≤ 10 menitPasien masuk sampai menerima hasil
    Kolesterol (stick)≤ 10 menitPasien masuk sampai menerima hasil
    Asam Urat≤ 10 menitPasien masuk sampai menerima hasil
    Tes kehamilan≤ 10 menitPasien masuk sampai menerima hasil
    Reduksi Urin≤ 10 menitPasien masuk sampai menerima hasil
    Protein Urin≤ 10 menitPasien masuk sampai menerima hasil
    Urin Lengkap≤ 10 menitPasien masuk sampai menerima hasil
    Widal≤ 45 menitPasien masuk sampai menerima hasil
    HIV (rapid test)≤ 45 menitPasien masuk sampai menerima hasil
    Shipilis (rapid test)≤ 45 menitPasien masuk sampai menerima hasil
    HbsAg (rapid test)≤ 45 menitPasien masuk sampai menerima hasil
    Dengue NS1 (rapid test)≤ 45 menitPasien masuk sampai menerima hasil
    Dengue IgG/IgM (rapid test)≤ 45 menitPasien masuk sampai menerima hasil
    Pemeriksaan mikroskopis BTA≤ 3 hariPasien masuk sampai menerima hasil
    Pemeriksaan TCM TB≤ 3 hariPasien masuk sampai menerima hasil
    Pasien urgent (CITO)5 – 10 menitPasien masuk sampai menerima hasil
    9




    Pelayanan Farmasi  
    Non racikan10 menitDimulai dari petugas mengambil resep sampai meyerahkan obat ke pasien
    Racikan15 menitDimulai dari petugas mengambil resep sampai meyerahkan obat ke pasien
    10Pelayanan KIE10 – 15 menitPasien masuk sampai selesai mendapatkan konseling

    BIAYA/TARIF PELAYANAN

    NOJENIS PELAYANANTARIF
    1
    PENDAFTARAN  
    Luar WilayahRp.28.500
    2










    PEMERIKSAAN UMUM  
    KIR DokterRp.28.500
    a. Ganti balutan/ Up Heacting 1–10 JahitanRp. 28.500
    b. Ganti balutan/ Up Heacting 11–20 JahitanRp.25.000
    c. Pemasangan Doer kateter (DC, NGT)Rp.56.500
    d. Luka bakar < 15%Rp.45.000
    e. Luka bakar 15 – 30 %Rp.56.500
    f. Luka bakar > 30%Rp.79.000
    3








    KIA-KB  
    a. Imunisasi (Bayi, balita, bumil catin)Rp.28.500
    b. KB SuntikRp.28.500
    c. Tindakan Non Bedah
    – Kontrol IUD
    – Pasang / buka IUD / Implant
      Rp. Rp.  56.500 112.500
    d. Pembersihan IVARp.56.500
    e. Tindakan KRIORp.225.000
    f. Konsultasi Klinik SehatRp.28.500
    4




    PEMERIKSAAN GIGI DAN MULUT  
    a. Paket tindakan medik gigi ringan per kunjungan yg terdiri dari :  
    – Pembersihan karang gigiRp.90.000
    – Pencabutan gigi susuRp.90.000
      – Perawatan syaraf gigiRp.90.000
    b. Paket tindakan medik gigi sedang per kunjunganRp.180.000
    5





























    LABORATORIUM  
    a. Darah lengkapRp.90.000
    b. Hemoglobin stikRp.17.000
    c. Golongan darahRp.17.000
    d. Bakteri tahan asamRp.56.500
    e. Reduksi urinRp.17.000
    f. Protein urinRp.17.000
    g. PP TestRp.34.000
    h. Gula darah stikRp.28.500
    i. Kolesterol stikRp.34.000
    j. Asam urat stikRp.28.500
    k. Hepatitis (HbsAg)Rp.50.000
    l. HIVRp.50.000
    m. SypilisRp.50.000
    n. MalariaRp.50.000
    o. NS1 DengueRp.100.000
    p. Igg Igm dengueRp.70.000
    q. WidalRp.50.000
    r. Urin lengkapRp.50.000
    7PELAYANAN PENUNJANG LAINNYA  
     a. Oksigen (O2) per jamRp.79.000
     b. USGRp.79.000
     c. EKGRp.56.500

    PRODUK PELAYANAN

    1. UPAYA KESEHATAN PERSEORANGAN
      • Pelayanan Pendaftaran
      • Pelayanan Poli Umum dan Lansia
        • Pemeriksaan umum dan pengobatan
        • Surat keterangan sehat
      • Pelayanan KIA/KB
        • Pemeriksaan ibu hamil
        • Pemeriksaan kesehatan anak
        • Pelayanan KB
        • SHK (Skrining Hipotiroid Kongenital)
      • Pelayanan IVA
      • Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut
        • Pengobatan Gigi
        • Pencabutan Gigi
        • Penambalan
        • Pembersihan karang gigi
      • Pelayanan Imunisasi
        • HB0
        • BCG
        • Polio 1,2,3,4
        • IPV
        • MR
        • Pentabio lanjutan
        • Campak lanjutan
        • Imunisasi tetanus ibu hamil dan calon pengantin
      • Pelayanan Tindakan
        • Pemeriksaan EKG
        • Hecting sederhana
        • Pengambilan serumen
      • Pelayanan Laboratorium
        • Pemeriksaan darah
        • Pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol
        • Pemeriksaan HbsAg, Anti HIV, Siphilis, Hepatitis C
        • Pemeriksaan DBD (NS 1, Ig G, Ig M)
        • Pemeriksaan Golongan Darah
        • Pemeriksaan urin rutin
        • Pemeriksaan sputum TBC
        • Pemeriksaan Mantoux Tes
      • Pelayanan KIE
        • Konsultasi gizi
        • Konsultasi penyakit menular dan tidak menular
        • Konsultasi upaya berhenti merokok
        • Konsultasi calon jamaah haji
        • Konsultasi kesehatan lingkungan
        • Konsultasi remaja
        • Konsultasi HIV
        • Konsultasi JKN
      • Pelayanan Farmasi
        • Pengkajian resep, penyerahan obat, dan pemberian informasi obat
        • Pelayanan informasi obat (PIO)
        • Konseling
    2. UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT ESENSIAL
      • Pelayanan Promosi Kesehatan
      • Pelayanan Kesehatan Lingkungan
      • Pelayanan Kesehatan Keluarga
      • Pelayanan Gizi
      • Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
      • Perkesmas
    3. UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT PENGEMBANGAN
      • Pelayanan Kesehatan Olahraga
      • Pelayanan Kesehatan Sekolah (UKS)
      • Pelayanan Kesehatan Kerja (UKK)
      • Pelayanan Upaya Kesehatan Gigi Masyarakat
      • Pelayanan Kesehatan Jiwa
      • Pelayanan Kesehatan Usila
      • Pelayanan Kesehatan Remaja
      • Pelayanan Kesehatan Tradisional

    PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN/APRESIASI

    Dinas Kesehatan Kota Metro
    Jl. Jend A. Yani No.2, Yosorejo, Kec. Metro Tim., Kota Metro, Lampung

    dinkeskotametro1@gmail.com

    LOGO-PSC

    0821 8643 1119

    24/7 Darurat

    © 2025 Dinas Kesehatan Kota Metro