Dinas Kesehatan Kota Metro


AULA DINAS KESEHATAN KOTA METRO, JUMAT 06 MARET 2020

PENGUATAN KOTA DALAM PEMBINAAN POSYANDU REMAJA


Remaja sebagai penerus dan calon pemimpin bangsa dimasa depan, mendapatkan hak dan kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, terjamin kelangsungan hidupnya, bebas dari tindakan diskriminasi dan perlakuan yang salah, termasuk terlindungi dari berbagai masalah kesehatan. Masalah kesehatan pada kelompok ini terutama disebabkan karena kecenderungan untuk perilaku yang berisiko.

Kompleksnya permasalahan kesehatan pada remaja, tentunya memerlukan penanganan yang komprehensif dan terintegrasi yang melibatkan semua unsur dari lintas program dan lintas sector terkait. Kebijakan bidang kesehatan terkait pelayanan kesehatan remaja sebagaiman dimaksud Permenks Nomor 25 Tahun 2014 ditujukan agar setiap anak memiliki kemampuan berperilaku hidup sehat, dan keterampilan social yang baik sehingga dapat belajar, tumbih dan berkembang secara harmonis dan optimal menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

Pelayanan kesehatan anak usia sekolah dan remaja sebagaimana dimaksud pada Pasal 28 ayat 3 bahwa pelayanan itu dilakukan paling sedikit melalui : Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Pelayanan PKPR diberikan kepada semua remaja, dilaksanakan didalam atau diluar Gedung untuk perorangan atau kelompok. Namun pelayanan didalam Gedung yang diberikan oleh tenaga kesehatan masih memiliki keterbatasan jumlah sarana dan hambatan, hal tersebut membutuhkan upaya pemberdayaan masyarakat berupa turut sertanya masyarakat secara mandiri dalam upaya promotive serta preventif, melalui kegiatan posyandu remaja.

Pembentukan Posyandu remaja diharapkan dapat menjadi sebuah wadah masyarakat yang memfasilitasi remaja dalam memahami permasalahan kesehatan mereka.


0 Komentar

Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..