Dinas Kesehatan Kota Metro


Sekretariat

SEKRETARIAT

Sekretariat mempunyai tugas, melaksanakan penyusunan perencanaan, penatausahaan keuangan, urusan umum dan kepegawaian serta pengkoordinasian tugas-tugas bidang.

 

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Sekretariat menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan bahan kebijakan dibidang kesekretariatan meliputi program dan informasi, penatausahaan keuangan serta umum dan kepegawaian;
  2. Penyusunan program kerja kesekretariatan;
  3. Pelaksanaan koordinasi kesekretariatan;
  4. Pelaksanaan bimbingan kesekretariatan;
  5. Pelaksanaan fasilitasi kesekretariatan;
  6. Pelaksanaan evaluasi kesekretariatan
  7. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas-tugas bidang dan UPT;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsi.

 

SUB BAGIAN INFORMASI DAN PROGRAM

 

Sub Bagian Program dan Informasi mempunyai tugas, melaksanakan Penyiapan dan koordinasi penyusunan rumusan program dan informasi, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

 

  1. Menyusun bahan kebijakan teknis dibidang perencanaan, pelaporan program dan informasi;
  2. Menyusun rencana kerja Sub Bagian Program dan Informasi;
  3. Mengkoordinasikan penyusunan perencanaan dan pelaporan program dan informasi;
  4. Melaksanakan penyusunan bahan perencanaan meliputi : rencana strategis (Renstra), rencana kerja tahunan (Renja) dan perencanaan dinas lainnya;
  5. Melaksanakan penyusunan profil Dinas Kesehatan;
  6. Melaksanakan penyusunan bahan pelaporan meliputi : Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), bahan penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota lingkup dinas dan laporan dinas lainnya;
  7. Membina penyelenggaraaan fungsi perencanaan dan pelaporan program dan informasi dinas;
  8. Mengevaluasi kegiatan dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas Sub Bagian Program dan Informasi;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai tugas.

 

SUB BAGIAN KEUANGAN, KEPEGAWAIAN DAN UMUM

 

Sub Bagian Keuangan, Kepegawaian dan Umum mempunyai tugas, Penyiapan dan koordinasi penyusunan penyelenggaraan keuangan dan pengelolaan barang milik Negara serta penataan kepegawaian dan dukungan administrasi umum, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

 

  1. Menyiapkan dan menyusun bahan kebijakan teknis di bagian penatausahaan keuangan dan di bidang umum kepegawaian lingkup dinas.
  2. Mengkoordinasikan penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA)  dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).
  3. Menyusun rencana kebutuhan anggaran rutin dinas dan menyelenggarakan urusan rumah tangga dinas.
  4. Melaksanakan penatausahaan keuangan dinas, penatausahaan administrasi perkantoran.
  5. Melaksanakan pembinaan perbendaharaan, pembinaan kepegawaian, pengadaan barang dan inventaris serta pengelolan aset dinas.
  6. Menyusun laporan keuangan dinas, meliputi Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, Catatan Atas Laporan Keuangan, Laporan keuangan tahunan dan berkala, laporan keuangan, pelayanan administrasi kepegawaian;
  7. Menyiapkan bahan pembinaan kepegawaian.
  8. Melaksanakan tugas kehumasan, organisasi dan tata laksana.
  9. Mengevaluasi tugas dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas bagian keuangan, kepegawaian dan umum.
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai tugas.

 

BIDANG  PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT

 

Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Mempunyai tugas, Melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang Surveilans dan Imunisasi, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, dan Pencegahan  dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan bahan kebijakan teknis bidang pencegahan dan pengendalian penyakit;
  2. Penyusunan program kerja bidang pencegahan dan pengendalian penyakit;
  3. Penyusunan petunjuk pelaksanaan dan teknis bidang pencegahan dan pengendalian penyakit;
  4. Pelaksanaan koordinasi pencegahan dan pengendalian penyakit;
  5. Pelaksanaan bimbingan pencegahan dan pengendalian penyakit;
  6. Pelaksanaan fasilitasi pencegahan dan pengendalian penyakit;
  7. Pelaksanaan evaluasi dan menyusun laporan pencegahan dan pengendalian penyakit;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsi.

SEKSI SURVEILANCE DAN IMUNISASI

 

Seksi Surveilance dan Imunisasi mempunyai tugas, menyelenggarakan pembinaan dan pengendalian kegiatan pengamatan penyakit dan pengendalian kejadian luar biasa, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

 

  1. Menyusun bahan kebijakan teknis pembinaan dan pengendalian kegiatan pengamatan penyakit dan pengendalian kejadian luar biasa, imunisasi dan kesehatan matra;
  2. Menyusun rencana kerja seksi surveilans dan penanggulangan kejadian luar biasa;
  3. Menyusun pedoman pengamatan penyakit, kejadian luar biasa, imunisasi dan kesehatan matra;
  4. Melaksanakan bimbingan dan pengendalian pengamatan penyakit , kejadian luar biasa, immunisasi dan kesehatan matra; 
  5. Melaksanakan koordinasi kegiatan pencegahan penyakit, penanggulangan kejadian luar biasa dan kesehatan matra;
  6. Melaksanakan penyelidikan epidemiologi terhadap kejadian luar biasa Immunisasi dan kesehatan matra;
  7. Memfasilitasi kegiatan pencegahan penyakit,  kejadian luar biasa dan kesehatan matra;
  8. Mengumpulkan dan mengolah data epidemiologi penyakit ;
  9. Mengevaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas Seksi Surveilans dan Imunisasi;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai tugas.

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..