Bidang P2P

3 M Plus

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Demam Berdarah Dengue (DBD)

administrator | Selasa, 08 Januari 2019 - 14:22:09 WIB | dibaca: 54 pembaca

PSN DBD

Dalam penanganan DBD, peran serta masyarakat untuk menekan kasus ini sangat menentukan. Oleh karenanya program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan. Program PSN , yaitu: 1) Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain 2) Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan 3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti 1) Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan; 2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk; 3) Menggunakan kelambu saat tidur; 4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk; 5) Menanam tanaman pengusir nyamuk, 6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah; 7) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

PSN perlu ditingkatkan terutama pada musim penghujan dan pancaroba, karena meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sehingga seringkali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) terutama pada saat musim penghujan.

Selain PSN 3M Plus, Dinas Kesehatan Kota Metro sudah mengenalkan program 1 rumah 1 Jumantik (juru pemantau jentik) untuk menurunkan angka kematian dan kesakitan akibat Demam Berdarah Dengue. Gerakan ini merupakan salah satu upaya preventif mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD) dari mulai pintu masuk rumah.

Terjadinya KLB DBD berhubungan dengan berbagai faktor risiko, yaitu: 1) Lingkungan yang masih kondusif untuk terjadinya tempat perindukan nyamuk Aedes; 2) Pemahaman masyarakat yang masih terbatas mengenai pentingnya pemberantasan sarang nyamuk (PSN)  3M Plus; 3) Perluasan daerah endemik akibat perubahan dan manipulasi lingkungan yang terjadi karena urbanisasi dan pembangunan tempat pemukiman baru; serta 4) Meningkatnya mobilitas penduduk. Untuk itu Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro dr. Silfia Naharani, MM telah memerintahkan jajarannya serta jaringan dan jejaring kesehatan untuk Tanggap DBD mulai pekan ini, dengan mengintensifkan preventif dan promotif disertai edukasi dan motivasi kepada seluruh masyarakat Kota Metro. Tidak juga lupa kepada lintas sektor yang langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk segera melaporkan kepada Dinas Kesehatan apabila ada kejadian DBD diwilayah kerja nya.
 
(sumber artikel dengan modifikasi oleh Dinas Kesehatan Kota Metro : http://www.depkes.go.id/article/view/16020900002/kendalikan-dbd-dengan-psn-3m-plus.html)










Komentar Via Website : 2
John
12 Januari 2019 - 20:17:26 WIB
Semoga dinas kesehatan metro kota semakin maju, salam sukses dari kami

https://www.officialharga.com/
Bapak Warto
12 Januari 2019 - 20:20:38 WIB
Terima kasih infonya sangat membantu <b><a href="https://www.officialharga.com/">Harga Lemari Plastik</a></b>
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)