Dinas Kesehatan Kota Metro


Memperingati Hari Kanker Sedunia, Puskesmas Iringmulyo Melaksanakan Pemeriksaan IVA


Dinas Kesehatan Kota Metro, Hari Jumat, Tanggal 22 Februari 2019 Puskesmas Iringmulyo Memperingati Hari Kanker Sedunia, yang dihadiri Kepala Puskesmas Iringmulyo (Rochayani,S.ST.M.Kes), Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro (dr. Slifia Naharani,MM), Ibu Walikota Metro (Ibu Hj. Heriyati Pairin), Staf Dinas Kesehatan Kota Metro dan Staf Puskesmas Iringmulyo beserta para lansia di wilayah Puskesmas Iringmulyo.

Dalam Memperingati Hari Kanker Sedunia, Puskesmas Iringmulyo melakukan Pemeriksaan IVA. IVA ( Inspeksi Visual Asam asetat ) adalah pemeriksaan leher rahim ( serviks ) dengan cara melihat langsung ( dengan mata telanjang ) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3 sapai dengan 5%.  Dengan cara ini kita dapat mendeteksi kanker rahim sedini mungkin. Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk untuk mendeteksi kanker leher rahim dan juga skrining alternatife dari pap smear karena biasanya lebih murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain dokter ginekologi. Pada pemeriksaan ini, pemeriksaan dilakukan dengan cara melihat serviks yang telah diberi asam asetat 3-5% secara inspekulo. Setelah serviks diulas dengan asam asetat, akan terjadi perubahan warna pada serviks yang dapat diamati secara langsung dan dapat dibaca sebagai normal atau abnormal. Dibutuhkan waktu satu sampai dua menit untuk dapat melihat perubahan-perubahan pada jaringan epitel.

Serviks yang diberi larutan asam asetat 5% akan merespon lebih cepat daripada larutan 3%. Efek akan menghilang sekitar 50-60 detik sehingga dengan pemberian asam asetat akan didapat hasil gambaran serviks yang normal (merah homogen) dan bercak putih (displasia).  Laporan hasil konsultasi WHO menyebutkan bahwa IVA dapat mendeteksi lesi tingkat pra kanker (high-Grade Precanceraus Lesions) dengan sensitivitas sekitar 66-96% dan spesifitas 64-98%. Sedangkan nilai prediksi positif (positive predective value) dan nilai prediksi negatif (negative predective value) masing-masing antara 10-20% dan 92-97%.

Dengan dilakukannya Pemeriksaan IVA, diharapkan dapat mencegah terjadinya Kanker Serviks dan menginformasikan kepada masyarakat khususnya Kaum wanita akan pentingnya pemeriksaan IVA dan bahayanya Kanker Serviks.


1 Komentar

  1. Mimin
    Mimin
    22 Februari 2019 - 16:20:36 WIB

    Mantapppp isi nya


Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..