Dinas Kesehatan Kota Metro


Sanitasi Total Berbasi Masyarakat

Deklarasi Lima Pilar STBM Kelurahan Tejoagung dan Kelurahan Tejosari

Foto Bersama setelah Deklarasi Lima Pilar STBM Kelurahan Tejoagung Kelurahan Tejosari bertempat di aula Kelurahan Tejosari


Dalam rangka percepatan target Akses Universal Sanitasi 2019 yang menetapkan tercapainya Akses Universal 100% air minum, 0% Permukiman kumuh dan 100% Stop Buang air Besar Sembarangan (Stop BABS), dimana salah satu kegiatan yang penting adalah mengupayakan kelurahan mendeklarasikan Sanitasi total berbasis Masyarakat (STBM).

Kelurahan Tejo Agung dan kelurahan Tejo Sari Kecamatan Metro Timur sudah mendeklarasikan 5 Pilar STBM pada tanggal 08 Februari 2019 di Kelurahan Tejo Sari yang di hadiri oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan dr. Silfia naharani., MM, Camat Metro Timur Dra. Rosita., MM, Lurah, Kasi Kesling dan Kesjaor Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas Tejo Agung dan jajarannya, KUA, Babinkamtibmas, Babinsa dan masyarakat. Wilayah Kecamatan Metro Timur yang sudah mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan/Open Defecation Free (ODF) kelurahan Yosodadi   pada tanggal 24 desember 2017 dan Kelurahan Iring Mulyo mendeklarasikan Sanitasi total berbasis Masyarakat (STBM) tanggal 14 Desember 2018. Kelurahan Yosorejo sedang tahap persiapan Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan/Open Defecation Free (ODF)

Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan perilaku masyarakat yang higienis dan saniter secara mandiri melalui peran aktif masyarakat dalam memahami dan menjalankan perilaku bersih sehat dalam keseharian dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal, dengan salah satu pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat(STBM) yang terdiri dari 5 Pilar yaitu :

  1. Stop Buang Air Besar sembarangan (Stop BABS)
  2. Mencuci tangan pakai sabun (CTPS)
  3. Pengelolaan Air minum dan makanan rumah tangga (PAM-RT)
  4. Pengelolaan sampah ruamah tangga
  5. Pengelolaan limbah cair rumah tangga

Dengan dideklarasiakan Kelurahan Tejo agung dan kelurahan Tejo Sari diharapkan Kota Metro sebagai Kota Stop Buang Air Besar Sembarangan/Open Defecation Free (ODF) akan segera terwujud.


15 Komentar

  1. jasa seo
    jasa seo
    13 Februari 2019 - 04:03:02 WIB
  1. Jas DM
    Jas DM
    13 Februari 2019 - 22:17:31 WIB

    Teeima kasih tulisannya <a href="https://karinov.co.id/jasa-digital-marketing/&q uot;>jasa digital marketing</a>

  1. Digital marketing
    Digital marketing
    13 Februari 2019 - 22:18:46 WIB
  1. Melilea
    Melilea
    15 Februari 2019 - 15:07:51 WIB

    Stop Buang Air Besar sembarangan!!!wkwkwk

    https://infoherbal.my.id/melil ea-indonesia


Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..