Dinas Kesehatan Kota Metro


PENILAIAN STBM AWARD BERKELANJUTAN TAHUN 2021

STBM AWARD 2021


Pelaksanaanpenilaian STBM Award Kota Metro, tahun 2021

Dilaksanakan tanggal 16 September 2021 di Guest House Rumah Dinas Walikota Metro, dimana acara dibuka dengan sambutan dan kata pengantar dari Bapak Walikota Metro, dr.Wahdi Sirajudin, SP.OG (K) dan dilanjutkan paparan capaian STBM Kota Metro Oleh Bapak Sekda Kota Metro, Ir. Bangkit HaryoUtomo, M.T. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Metro, BAPPEDA Kota Metro, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro, Kepala Dinas Pekerjaa nUmum dan Tata Ruang, Kepala Dinas Perumahandan Permukiman Kota Metro, Dinas lingkungan Hidup Kota Metro, Ketua MUI Kota Metro, TP2I, Ketua HAKLI kota Metro dan KarangTaruna Kota Metro.

Pada kegiatan penilaian STBM Award tahun 2021 ini, dilaksanakan melalui verifikasi virtual, dilakukan penilaian oleh tim penilai dari Pusat dan tim penilai dari Provinsi Lampung

Pemerintah Kota Metro untuk yang keduakalinya pada tahun 2021 ini mengikuti penilaian STBM Award Kategori Ke berlanjutan 5 Pilar STBM, Kota Metro telah berhasil melaksanakan deklarasi STBM Pilar I, yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) pada tanggal 15 November 2019, serta meraih penghargaan STBM Award, kategori Percepatan ODF pada  tahun 2020.

Keberhasilan Kota Metro mencapai ODF pada tahun 2019 dan Penghargaan STBM Nasional 2020 tidak menghentikan langkah Kota Metro untuk terus meningkatkan capaian target STBM Berkelanjutan. Pilar 1 ODF pada tahun 2019 dilanjutkan dengan berbagai upaya di 4 (empat) pilar STBM berikutnya hingga saatini.

Pada STBM BerkelanjutanTahun 2021 ini, Kota Metro mengajukan beberapa inovasi dan unggulan pada strategi ke-3 STBM, yaitu Supply Environment. Inovasi suplay yang diadakan di berbagai kelurahan terus dilakukan terutama untuk mendorong pemberdayaan masyarakat , baik secara partisipasi aktif dan juga pembiayaan secara gotong royong dalampelaksanaan Program STBM. Berbagai inovasi tersebut antara lain; “GetukMelanting” (Gerakan untukMelawan Stunting) yang merupakan bagian dari Pilar Ketiga STBM, “Pupus Asoka” (Pupuk Kompos dari Sampah Organik dan Kotoran Sapi) yang merupakan suplai kegiatan untuk menunjang Pilar ke-4 STBM, “Sempurna” (Arisan Sedot Tinja KelurahanYosomulyo) yang merupakanpenguatan Pilar ke-1 , “Jisamsu” (Jimpitan Sampah Swadaya Ibu-Ibu) dan Tabungan Sampah untuk Sanitasi Dasar  yang juga merupakan inovasi untuk menunjang capaian Pilar ke-4  STBM, dan beberapa inovasi Teknologi Tepat Guna yang menunjang pemeberdayaan dan pembiayaan masyarakat dalam peningkatan sector Sanitasi.

Meskipun mengunggulkan Supply Strategy, sesungguhnya berbagai kegiatan terus dilaksanakan pada Kedua Strategi lainnya, yaitu Enabling Environment dan Demand Creation untuk mempercepat Program STBM Berkelanjutan.


0 Komentar

Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..