Dinas Kesehatan Kota Metro


PENGKAJIAN AUDIT MATERNAL PERINATAL (AMP)


Latar Belakang

 

Pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tinginya dapat terwujud. Pembangunan kesehatan diselenggarakan dengan berdasarkan perikemanusian, pemberdayaan dan kemandirian adil dan merata serta pengutamaan dan manfaat dengan perhatian khusus pada penduduk rentan antara lain; ibu, bayi, anak, manusia usia lanjujt dan keluarga miskin.

 

Tujuan pembangunan kesehatan adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Derajat kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor, faktor-faktor tersebut antara lain adalah sektor kesehatan seperti pelayanan kesehatan dan ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan. situasi derajat kesehatan dapat tercermin melalui angka morbiditas, moralitas dan status gizi. Derajat kesehatan di Indonesia digambarkan melalui Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan angka morbiditas beberapa penyakit. Sensitifitas AKI terhadap perbaikan pelayanan kesehatan menjadikannya indikator keberhasilan pembangunan sektor kesehatan.

 Maksud dan Tujuan

  Maksud

Untuk menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan KIA di Kota Metro melalui upaya    penerapan tata kelola klinik yang baik dalam rangka mempercepat penurunan AKI dan AKB.

 

Tujuan

1). Mengidentifikasi penyebab kematian dan mengkaji faktor-faktor penyebab kematian maternal perinatal-neonatal.

2)   Diskusi refleksi terhadap kasus kematian ibu dan bayi

3)   Rekomendasi hasil dari pengkajian AMP

4) Pembelajaran hasil rekomendasi guna meningkatan mutu pelayanan kesehatan Ibu dan anak

5) Mengembangkan mekanisme pembelajaran, pembinaan, pelaporan dan perencanaan yang terpadu antara dinas kesehatan Kota Metro, RS Pemerintah dan swasta, puskesmas, RB, BPS, Organisasi Profesi, dan Lintas sektor.

6)  Intervensi, strategi pembelajaran, dan pembinaan bagi masing-masing pihak terkait dalam upaya mengatasi masalah-masalah yang ditemukan dalam pembahasan kasus.

 

 

Sasaran

Peserta pertemuan pengkajian Audit Maternal Perinatal (AMP) berjumlah 12 (dua belas) orang yang merupakan Tim AMP Tingkat Kota Metro (Keputusan walikota Metro Nomor: 345 / KPTS / D-2 / 2019).

 

Hasil Kegiatan

Pertemuan dalam kegiatan Pengkajian Kematian Ibu dan Anak diselenggarakan oleh Tim Pengkaji tingkat Kota dan pelaksanaan dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kota Metro.


0 Komentar

Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..