Dinas Kesehatan Kota Metro


SKRINNING TBC DI SEKOLAH DAN PONDOK PESANTREN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PURWOSARI


Dinas Kesehatan Kota Metro, 

Telah Dilakukan kegiatan skrinning TBC di Sekolah dan pondok pesantren di wilayah Puskesmas Purwosari pada bulan februari 2020. Kegiatan ini akan terus dilaksanakan di semua sekolah dan pondok pesantren tingkat SMP dan SMA yang berada di wilayah kerja puskesmas purwosari. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya preventif dalam penanggulangan TBC juga untuk meningkatkan capaian suspek program puskesmas purwosari.

Kegiatan skrinning ini dilakukan dengan menanyakan setiap siswa mengenai gejala-gejala TBC, terutama gejala batuk lebih dari 2 minggu, dan gejala lainnya. kemudian siswa atau santri yang mengalami gejala batuk lebih dari 2 minggu disarankan untuk periksa dahak, siswa diberikan pot dahak untuk kemudia diambil samplenya besok paginya oleh petugas puskesmas untuk kemudia diperiksakan di laboratorium. 

Seperti telah diketahui bahwa siswa siswi sekolah melakukan aktifitas bersama selama kegiatan sekolah selain itu pondok pesantren tinggal bersama dalam satu lingkungan pondok yang memungkinkan adanya penyebaran infeksi yang cepat jika salah satu santri terinfeksi kuman TBC. Selain itu, santri-santri pesantren bukan hanya berasal dari wilayah purwosari saja akan tetapi juga berasal dari luar wilayah, yang dikhawatirkan terinfeksi kuman TBC. 

Kegiatan skrinning ini baru dilakukan di 3 tempat yaitu pondok pesantren Roudlotut Tholibin tingat MTs, MA, dan SMP 1 Maarif, dan ada bebrapa siswa yang diperiksakan dahaknya di laboratorium puskesmas purwosari. 


0 Komentar

Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..