Dinas Kesehatan Kota Metro


DETEKSI DINI ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SEKOLAH-SEKOLAH WILAYAH KERJA PUSKESMAS PURWOSARI

KENARI (Kenali Anemia Pada Remaja Putri)


Dinas Kesehatan Kota Metro, 

Telah dilakukan kegiatan deteksi dini anemia pada remaja putri di sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA di wilayah kerja puskesmas purwosari. Kegiatan ini dimulai pada bulan Februari tahun 2020 yang dilaksanakan di 1 sekolah dan 1 pondok pesantren yaitu, pondok pesantren Roudlotut Tholibin tingkat MTS dan MA, SMP 1 Maarif Metro.

Program pemeriksaan Hb ini merupakan upaya untuk melakukan pengecekan kesehatan bagi remaja putri terutama di sekolah. Kegiatan ini sekaligus melakukan edukasi dan sosialisasi megenai pencegahan anemia dan pentingnya tablet tambah darah bagi remaja putri sehingga mereka memahami tujuan pemberian tablet tambah darah dan pengecekan Hb. Tablet tambah darah pada remaja putri sangat penting untuk penyiapan remaja putri di usia subur yang siap

Seperti kita ketahui remaja putri memiliki fase menstruasi tiap satu bulan dan ditambah pertumbuhannya yang pesat, maka dibutuhkan asupan zat gizi kuat dan seimbang. salah satunya mengandung zat besi (Fe). Karena jika tubuh kekurangan Fe dalam darah dapat berisiko terkena anemia.

Anemia merupakan kondisi dimana terjadinya penurunan jumlah massa eritrosit (red cell mass) yang ditunjukkan dengan penurunan kadar hemoglobin, hematokrit, dan hitungan eritrosit dari nilai normal, dimana nilai normal kadar hemoglobin yaitu 12 gr/dl. Anemia  pada  remaja  putri  dapat  berdampak  pada  penurunan  produktivitas kerja  dan kemampuan akademik di sekolah serta dalam  waktu jangka  panjang dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan dan persalinan. Sehingga penting sekali remaja putri melakukan pengecekan Hb dan melakukan pencegahan agar tidak mengalami anemia.

Kegiatan berjalan dengan lancer dan para siswa antusias mengikuti pemeriksaan walaupun ada beberapa yang masih takut untuk diperiksa. Pihak sekolah sangat mendukung kegiatan ini untuk memantau kesehatan para siswi dan santri.


0 Komentar

Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..