Dinas Kesehatan Kota Metro


GERTAK PSN DBD DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PURWOSARI


Dinas Kesehatan Kota Metro, 

Pada hari jumat, 14 Februari 2020, Puskesmas Purwosari melakukan Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk DBD (Gertak PSN DBd) Kegiatan Gertak PSN DBD dilaksanakan bersama Walikota Kota Metro, Dinas Kesehatan Kota Metro, Tim Kecamatan dan Kelurahan, tim pokjanal DBD, kader jumantik, dan seluruh staff Puskesmas Purwosari.

Kegiatan PSN merupakan metode pencegahan penularan penyakit DBD yang paling mudah dilakukan masyarakat dan tidak membutuhkan biaya. Kegiatan Gertak PSN DBD ini dilakukan sebagai upaya dalam rangka mengantisipasi penyakit Demam Berdarah di Kota Metro.

Kegiatan Gertak PSN DBD di Purwosari terbagi di beberapa wilayah, yaitu wilayah sekitar puskesmas, wilayah Kelurahan Purwoasri, dan wilayah Kelurahan Purwosari. Staff terbagi menjadi 3 tim. Tim di masing-masing wilayah melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga dan menghimbau untuk terus mengantisipasi penyebaran penyakit DBD, menjaga lingkungan sekitar, dan rutin melaksanakan gerakan 4M Plus. 4 M disini yaitu menutup tempat penampungan air, menguras tempat penampungan air secara rutin minimal seminggu sekali, mengubur tempat penampungan air yang tidak terpakai, dan memantau jentik nyamuk seminggu sekali. Adapun yang dimaksud dengan Plus adalah, segala bentuk kegiatan pencegahan, seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, dan lain-lain.

Kegiatan Gertak PSN DBD di Puskesmas Purwosari diantaranya melakukan woro-woro DBD menggunakan ambulance keliling, pembagian leaflet DBD, penyuluhan kesehatan tentang penyakit DBD di dalam maupun luar gedung, gotong royong bersama dan sebagainya.

Untuk pencegahan dan penanggulangan kasus DBD ini diharapkan seluruh lintas sektor dapat berintegrasi dan bekerjasama dengan baik untuk memberantas rantai penularan penyakit DBD, selain itu lurah bersama pokjanal DBD dapat berperan aktif dan menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan Gertak PSN DBD di wilayahnya masing-masing secara rutin.  

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan ABJ (Angka Bebas Jentik) di masyarakat semakin meningkat sehingga dapat mengantisipasi penularan DBD.


106 Komentar

  1. buat kaos polo jogja
    buat kaos polo jogja
    04 Januari 2021 - 14:45:42 WIB
  1. jual jaket parka jogja
    jual jaket parka jogja
    04 Januari 2021 - 14:48:58 WIB

    kami adalah para spamers yang sopan akan berCommenttar, jadi kami mohon kepada admin tolong hapus Commenttar kami, terima kasih wiw | https://jasasablonjogja.net/jaket-parka-jogja/ | https://www.jasasablonjogja.net/

  1. produsen tas yogyakarta
    produsen tas yogyakarta
    04 Januari 2021 - 14:49:36 WIB

    terimakasih sangat bermanfaat dan informatif wiw | https://jogjakonveksi.net/produsen-tas-yogyakarta/ | https://www.jogjakonveksi.net/

  1. kaos custom jogja
    kaos custom jogja
    04 Januari 2021 - 14:49:55 WIB

Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..