Dinas Kesehatan Kota Metro


Penyuluhan Tentang Pencegahan Stunting di Radio Metropolis


Dinas Kesehatan Kota Metro, 

Kegiatan penyuluhan masyarakat di radio ini dilaksanakan pada hari Rabu, 2 Oktober 2019 dan disiarkan secara langsung pukul 10.00 – 11.00 WIB pada saluran 91,3 FM Radio Metropolis. Penyuluhan dilaksanakan dalam bentuk talkshow dan tanya jawab dipandu oleh penyiar radio Metropolis.

Penyuluhan pencegahan stunting penting dilaksanakan karena stunting merupakan masalah kesehatan utama bagi anak dan balita di Indonesia. Radio dipilih sebagai media penyuluhan karena dapat menjangkau masyarakat luas dari berbagai kalangan pendengar yang mungkin sebagian besar belum mengenal istilah stunting. 

Stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018, 30,8% balita di Indonesia menderita stunting, jauh lebih tinggi dibandingkan ambang batas stunting yang ditetapkan WHO sebesar 20% (depkes.go.id).

Stunting menjadi ancaman utama terhadap kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan daya saing bangsa. Stunting tidak hanya mengakibatkan gangguan pertumbuhan fisik (pendek/kerdil), tetapi juga menghambat perkembangan otak anak. Hal ini tentunya berdampak pada kemampuan dan prestasi belajar di sekolah, serta produktivitas dan kreativitas di usia produktif. Oleh sebab itu, peran serta dari seluruh sektor dan tatanan masyarakat sangat penting untuk dapat menurunkan angka stunting.

Stunting dapat dicegah dengan melakukan perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih. Pencegahan stunting juga dapat dilakukan dengan memberikan ASI eksklusif pada bayi hingga usia 6 bulan dan memberikanMakananPendamping ASI yang bergizi dan kaya protein hewani. Selainitu, penting untuk memberikan imunisasi dasar lengkap dan vitamin A serta selalu memantau pertumbuhan dan perkembangan balita di posyandu terdekat.


1 Komentar

  1. Johan Smith
    Johan Smith
    08 Oktober 2019 - 13:49:09 WIB

    This article is great. I like it very much. Thank you! https://theimpossiblequiz.io


Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..