Dinas Kesehatan Kota Metro


PENYULUHAN 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN


1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) adalah periode emas tumbuh kembang yang dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Di periode ini, otak dan tubuh bayi sedang berkembang pesat, sehingga jika terjadi masalah gizi akan berpengaruh juga pada perkembangan otak dan tubuh bayi. Anak yang mengalami kekurangan gizi pada 1000 HPK, mempunyai risiko terkena stunting, kurang cerdas, dan terjadinya penyakit tidak menular/ kronis, seperti jantung, diabetes, gagal ginjal, dan sebagainya. Hal-hal yang bisa kita lakukan agar asupan gizi anak tercukupi sebagai berikut meningkatkan porsi makan ibu hamil dan menyusui, memberikan ASI Eksklusif, memberikan MPASI, mengkonsumsi tablet tambah darah, serta hidup bersih dan sehat.

Penyuluhan 1000 HPK di UPTD Puskesmas Karangrejo dilaksanakan di posyandu-posyandu dan kelas ibu hamil di kelurahan karangrejo. Sasaran kegiatan penyuluhan 1000 HPK ini meliputi ibu hamil, ibu nifas, ibu menyusui, dan ibu yang mempunyai anak usia baduta.

Oleh: Ermina Winardi


0 Komentar

Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..