Dinas Kesehatan Kota Metro


Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut dan Sikat Gigi Masal di TK Wilayah Puskesmas karangrejo

KEGIATAN UKGTK DI WILAYAH PUSKESMAS KARANG REJO


Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut merupakan cara untuk mengubah perilaku masyarakat ke arah perilaku sehat sehingga tercapai derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat yang optimal. Untuk mewujudkannya, perubahan perilaku yang diharapkan setelah menerima pendidikan tidak dapat terjadi sekaligus. Oleh karena itu, pencapaian target penyuluhan dibagi menjadi tujuan jangka pendek yaitu tercapainya perubahan pengetahuan, tujuan jangka menengah hasil yang diharapkan adalah adanya peningkatan pengertian, sikap, dan keterampilan yang akan mengubah perilaku ke arah perilaku sehat, dan tujuan jangka panjang adalah dapat menjalankan perilaku sehat dalam kehidupan sehari-harinya terutama mengenai kesehatan gigi dan mulut.

Kegiatan ini ditujukan kepada anak – anak TK di wilayah Puskesmas Karangrejo. Dengan menggunakan phantom (model gigi), sikat gigi, pasta gigi, dan gelas kumur, siswa diajarkan bagaimana menyikat gigi dengan baik dan benar, siswa mengetahui waktu yang tepat menyikat gigi. Kemudian siswa – siswi melakukan sikat gigi masal.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar para siswa mulai sadar betapa pentingnya menjaga kesihatan gigi dan mulut. Setelah selesainya kegiatan ini diharapkan kepada orang tua siswa dan guru untuk tetap melanjutkan kegiatan ini baik di rumah dan di sekolah mereka.

 Oleh: Surdianah


0 Komentar

Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..