Dinas Kesehatan Kota Metro


TINGKATKAN PENCEGAHAN KANKER SERVIKS DAN KANKER PAYUDARA DENGAN METODE IVA DAN SADANIS

Mobile Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara UPTD PUSKESMAS PURWOSARI


Dinas Kesehatan Kota Metro, 

Berdasarkan data yang bersumber dari WHO penyakit kanker merupakan penyebab kematian terbanyak di dunia, dimana kanker sebagai penyebab kematian nomor 2 di dunia sebesar 13% setelah penyakit kardiovaskular.  Angka kejadian kanker di dunia mencapai  12 juta orang pertahun dan 7,6  juta diantaranya  meninggal dunia. Pada tahun 2030 diperkirakan kejadian tersebut dapat mencapai hingga 26 juta orang dan 17 juta di antaranya meninggal akibat kanker, terutama untuk negara miskin dan berkembang kejadiannya akan lebih cepat.

Adapun jenis kanker tertinggi di Indonesia pada perempuan adalah kanker payudara dan kanker leher rahim.  Berdasarkan estimasi Globocan, International Agency for Research on Cancer (IARC) tahun 2012, insidens kanker di Indonesia 134 per 100.000 penduduk dengan insidens tertinggi pada perempuan adalah kanker payudara sebesar 40 per 100.000 diikuti dengan kanker leher rahim 17 per 100.000 penduduk.

Kanker leher rahim berawal dari tumor ganas yang mengenai leher rahim dan disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV). Leher rahim yang terpapar virus HPV berpotensi menjadi kanker dalam waktu 3-17 tahun jika tidak dilakukan tindakan pencegahan. Deteksi dini terhadap penyakit ini dapat dilakukan dengan Test IVA. Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) adalah pemeriksaan skrining kanker serviks dengan pemberian asam asetat atau asam cuka pada leher rahim selama 1 menit. Pemberian asam asetat ini merupakan metode mudah dan murah namun memiliki tingkat akurasi tinggi untuk menyimpulkan hasil pemeriksaan IVA negatif (normal) atau positif (ada lesi pra kanker). Dalam durasi 60 detik, hasil pemeriksaan akan diketahui jika ada kelainan, yaitu munculnya plak putih pada serviks yang perlu diwaspadai sebagai luka pra kanker. Idealnya, skrining pada wanita usia 35 – 40 tahun wajib dilakukan setiap 3 tahun sekali. Sedangkan bagi wanita yang belum menikah, sangat dianjurkan untuk melakukan vaksin HPV terlebih dahulu.

Selain kanker serviks, kanker payudara juga dapat dideteksi secara dini dengan melakukan pemeriksaan rutin seperti Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS). SADARI dapat dilakukan pada rentang hari ke 7 – 10 setelah hari pertama menstruasi dimana payudara sedang dalam kondisi paling lunak. Langkah awal melakukan SADARI adalah dengan mengamati kondisi payudara, lalu mengangkat tangan sebelah kanan dan raba payudara dengan tangan kiri dari arah pinggir, memutar ke arah putting susu lalu tekan dengan perlahan. Apabila terdapat cairan berwarna merah darah maka bisa saja merupakan indikasi adanya sel kanker. Lakukan gerakan yang sama dalam keadaan berbaring untuk meraba kemungkinan adanya benjolan. Memang, tidak semua benjolan berarti kanker. Namun, apabila menemukan benjolan yang tidak terasa sakit dan muncul selama 2 kali siklus menstruasi, lebih baik datang ke dokter spesialis onkologi untuk dilakukan SADANIS guna menegakkan jenis benjolan yang ada.

Sebagai upaya dalam deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara tersebut, Puskesmas Purwosari melalui Program Penyakit Tidak Menular melakukan Kegiatan Mobile Pemeriksaan IVA di kelurahan purwosari dan purwoasri. Kegiatan tersebut baru dilaksanakan di kelurahan purwosari pada tanggal 22 Agustus 2019 bertempat di  Poskeskel Purwosari. Peserta merupakan wanita usia subur sebanyak 21 orang. Untuk kegiatan Mobile IVA di kelurahan purwoasri direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2019, peserta yang sudah mendaftar sampai saat ini sebanyak 21 orang.  

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat paham mengenai pentingnya pemeriksaan sedini mungkin kanker payudara dan kanker leher rahim sebagai  Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM). (sitinurhasanah/)

 


132 Komentar

  1. PABRIK KAOS DISTRO
    PABRIK KAOS DISTRO
    04 Januari 2021 - 14:35:51 WIB

    informasi ini sangat bagus sekali terimakasih telah berbagi, terus update wiw | https://konveksidijogja.com/kaos-distro-2/ | https://konveksidijogja.com/

  1. buat jersey futsal jogja
    buat jersey futsal jogja
    04 Januari 2021 - 14:36:14 WIB
  1. buat kaos polo jogja
    buat kaos polo jogja
    04 Januari 2021 - 14:36:44 WIB
  1. buat kaos polo jogja
    buat kaos polo jogja
    04 Januari 2021 - 14:36:59 WIB

Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..