Dinas Kesehatan Kota Metro


PEMICUAN HYGIENE SANITASI PANGAN (HSP) DI SEKOLAH DASAR WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS MULYOJATI

HYGIENE SANITASI PANGAN

Kegiatan Pemicuan HSP di Sekolah Dasar Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Mulyojati


Dinas Kesehatan Kota Metro,

Giat Program UKM Essensial Puskesmas Mulyojati hari senin, 19 agustus 2019

Sebagai salah satu upaya dalam mencegah atau menanggulangi timbulnya penyakit atau gangguan kesehatan akibat pangan/ makanan pada anak sekolah, UPTD Puskesmas Mulyojati mengadakan kegiatan Pemicuan Hygiene Sanitasi Pangan. kegiatan ini dilakukan terhadap siswa/ siswi Sekolah Dasar yang berada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Mulyojati sebanyak 5 (lima) Sekolah Dasar.Pemicuan Hygiene Sanitasi Pangan (HSP) ini dilakukan dengan metode permainan ular tangga. Dengan metode ini diharapkan siswa/ siswi dapat lebih antusias sehingga dapat lebih mudah mengerti dan menerapkan perilaku sehat dalam mengkonsumsi makanan serta dapat lebih baik dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Termasuk kandungan gizi makanan dan langkah cuci tangan pakai sabun.

Makanan adalah bahan selain obat yang mengandung zat-zat gizi dan hygienis serta berguna bila dimasukan ke dalam tubuh, dan makanan jadi adalah makanan yang telah diolah dan atau langsung disajikan/dikonsumsi (Depkes, 1996).Makanan jajanan adalah makanan dan minuman yang diolah oleh pengrajin makanan di tempat penjualan dan atau disajikan sebagai makanan siap santap untuk dijual bagi umum selain yang disajikan jasa boga, rumah makan/restoran dan hotel.Penggunaan bahan-bahan berbahaya seperti formalin dan boraks dalam jajanan anak sekolah memang berbahaya dan harus ditangani. Namun yang tak kalah berbahaya namun sering luput dari perhatian adalah soal hygiene sanitasi atau kebersihan dari makanan tersebut.

Berdasarkan beberapa penelitian, penyebab beberapa kasus keracunan makanan diantaranya adalah bakteri Staphylococcus aureus, Vibrio cholera, E.coli dan Salmonella. Bakteri E.coli dan Staphylococcus aureus adalah salah satu bakteri indikator untuk menilai kualitas sanitasi makanan. Bakteri E.coli merupakan bakteri yang berasal dari kotoran hewan maupun manusia.
Untuk menanggulangi timbulnya penyakit atau gangguan kesehatan akibat pangan/ makanan maka diperlukan upaya dalam mengendalikannya baik dari faktor makanan, orang, tempat maupun perlengkapannya atau disebut sebagai Hygiene sanitasi pangan.

Rangkaian Kegiatan Pemicuan HSP ini sebagai berikut:

- Pembukaan
- Perkenalan
- Menyampaikan maksud dan tujuan
- Penyuluhan tentang Gizi dan Hygiene Sanitasi Pangan
- Menyampaikan peraturan-peraturan dalam permainan
- Membagi peserta menjadi 2 kelompok untuk bermain ular tangga, serta memilih 2 orang dari masing-masing kelompok untuk menjadi pion dan yang membacakan pertanyaan dari masing-masing kotak ular tangga
- Memicu kemampuan siswa untuk menjelaskan tentang Hygiene sanitasi Pangan dan perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
- Mengenalkan pada siswa tentang makanan jajanan yang aman dalam kemasan dengan mengetahui no. Pengawasan BPOM/PIRT, tanggal kadaluarsa makanan dan kandunga/komposisi makanan jajanan.
- Permainan berakhir jika salah satu kelompok lebih dahulu menyelesaikan permainan ular tangga

Kegiatan ini juga di lanjutkan dengan pembinaan Kantin sekolah sehat, dengan melakukan wawancara langsung pada pengelola kantin sekolah tentang keamanan pangan, gizi makanan dan Hygiene Sanitasi kantin sekolah. Sehingga penjamah makanan di kantin sekolah dan pihak sekolah berperan aktif dan ikut bertanggung jawab atas makanan yang ada di kantin dan kebersihan lingkungan kantin sekolah sehingga terwujudlah kantin sekolah yang sehat...

#Germas
#Sehat dimulai dari saya
#cerdas memilih jajanan sehat
#Ayo jajan di kantin sekolah
#Aku sehat, Sekolah ku sehat, prestasi ku meningkat...

 


0 Komentar

Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..