Dinas Kesehatan Kota Metro


Pelayanan Publik Inklusif untuk memajukan mengawal tumbuh kembang yang optimal

INOVASI " SANAK EMAS"


by. Kepala UPTD Puskesmas Metro (Daniel, SKM.M.Kes)

 

SANAK EMAS merupakan program Inovasi Puskesmas Metro dari kegiatan SDIDTK (Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang) Terintegrasi yang dilaksanakan di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kota Metro sebagai upaya untuk mengawal tumbuh kembang anak yang optimal dari berbagai segi sehingga terbentuk generasi emas bangsa yang sehat dan berkualitas.

Masa prasekolah dikatakan sebagai salah satu tahapan pertumbuhan dan perkembangan otak yang paling pesat. Periode ini merupakan masa yang sangat peka tapi juga kritis bagi otak anak karena bersifat lebih plastis dibandingkan dengan otak orang dewasa, artinya anak sangat terbuka dalam menerima berbagai macam pembelajaran dan pengkayaan, baik yang bersifat positif maupun negatif. 

Dilain sisi, otak anak pada masa ini lebih peka terhadap asupan yang kurang mendukung pertumbuhan otaknya seperti asupan gizi yang tidak adekuat, kurang stimulasi dan kurang mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.

SANAK EMAS digagas oleh Bidan Tri IMawati, SST dengan membentuk tim SDIDTK Puskesmas Metro dan beberapa lini sesuai disiplin ilmu, yang semakin kesini semakin banyak terlibat sebagai bentuk komitmen dari semua pihak, tentu saja setelah dilakukan publikasi dan permohonan advokasi yang berkesinambungan dengan menampilkan evaluasi terkini setelah kegiatan.


0 Komentar

Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..