Dinas Kesehatan Kota Metro


Pelayanan Kesehatan Puskesmas Iringmulyo di PASIR (Pasar Senyum Iringmulyo)


Dinas Kesehatan Kota Metro, Hari Sabtu Tanggal 27 April 2019 UPTD Puskesmas Iringmulyo telah melakukan kegiatan Pelayanan Kesehatan Puskesmas Iringmulyo di PASIR (Pasar Senyum Iringmulyo). Kegiatan ini dibawah Arahan dan Bimbingan Kepala UPTD Puskesmas Iringmulyo (Rochayani,S.ST.M.Kes) yang dilaksanakan pada bulan April 2019, oleh Pengelola program PTM Puskesmas Iringmulyo (Regina Scunda Maya Akbar,A.Md.Kep).

Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah Penyakit yang bukan disebabkan oleh proses infeksi (tidak infeksius). PTM telah menjadi menjadi masalah kesehatan masyarakat terbesar di indonesia. Preventasi PTM dan cedera di Indonesia berdasarkan Riskesdas 2013, hipertensi usia >18 tahun (25,8%), rematik (24,7%), cedera semua umur (8,2%), dengan cedara akibat transport darat (47,7%), asma (4,3%), PPOK umur >30 Tahun(3,8%), diabetes melitus (2,1%), PJK umur > 15 Tahun (1,5%), batu ginjal (0,6%), hipertiroid umur >15 tahun  berdasarkan diagnosis (0,4%), gagal jantung (0,3%), gagal ginjal kronik (0,2%), stroke (12,1%0, dan kanker (1,4%). Saat ini perubahan gaya hidup masyarakat diduga menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit tidak menular.

Dalam pelaksanaan Program PTM ini, UPTD Puskesmas Iringmulyo melakukan berbagai kegiatan untuk memberikan pelayanan kesehatan dengan mendekatkan diri kepada masyarakat. Salah satunya dengan melakukan kegiatan Skring faktor Resiko PTM dan Konseling IVA, Konseling Gizi digrand opening Pasir (Pasar Senyum Iringmulyo). Program PTM juga bekerja sama dengan program promkes untuk pembagian leafet kesehatan kepada para pengunjung yang hadir. sesuai dengan MOTTO UPTD Puskesmas Iringmulyo : "Bersama Puskesmas Iringmulyo Menuju Indonesia Sehat Masyarakat Kuat".

Kegiatan Ini diharapkan dapat bermanfaat untuk bagi masyarakat Kota Metro, khususnya masyarakat Kelurahan Iringmulyo guna pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM).

 

Demikian, terima kasih.

Kepala UPTD Puskesmas Iringmulyo
Rochayani,S.ST,M.Kes


0 Komentar

Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..