Dinas Kesehatan Kota Metro


Sosialisasi MKJP dan IVA UPTD Puskesmas Iringmulyo


Dinas Kesehatan Kota Metro, Rabu, 24 April 2019 UPTD Puskesmas Iringmulyo telah melakukan kegiatan Sosialisasi MKJP dan IVA di Kecamatan Metro Timur. Kegiatan ini dibawah Arahan dan Bimbingan Kepala UPTD Puskesmas Iringmulyo (Rochayani,S.ST.M.Kes) yang dilaksanakan pada bulan April 2019, oleh Tim KIA Puskesmas Iringmulyo.

Strategi pelaksanaan program KB sudah tercantum dalam RPJM tentang terkendalinya jumlah dan laju pertumbuhan penduduk. Salah satu arah kebijakannya adalah meningkatkan penggunaan alat dan obat kontrasepsi jangka panjang (MKJP). Hasil sensus penduduk pada tahun 2010,jumlah penduduk Indonesia telah mencapai sekitar 237,6 juta jiwa (BKKBN,2011). Jumlah penduduk yang cukup besar tersebut harus diimbangi pula dengan upaya peningkatan kualitas hidup penduduk, salah satunya yang menjadi perhatian adalah masalah kesehatan reproduksi. Banyak permasalahan yang menyangkut tentang kesehatan reproduksi, salah satunya adalah kanker serviks. Penyebab dan kehadiran kanker serviks dapat dideteksi, salah satunya melakukan deteksi pra kanker dengan melakukan Tes IVA.

Berdasarkan latar belakang di atas, Puskesmas Iringmulyo melakukan Sosialisasi MKJP dan IVA Bagi Pasangan Usia Subur (PUS),Rabu 24 April 2019, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan minta PUS untuk memakai alat dan obat kontrasepsi jangka panjang (MKJP) dan untuk mendeteksi secara dini kanker serviks dengan melakukan pemeriksaan IVA.

Kami juga berharap kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat Kota Metro, khususnya masyarakat Kelurahan Iringmulyo guna menekan laju pertumbuhan penduduk dan menurunkan angka prevalensi kanker serviks.

Demikian, terima kasih.

Kepala UPTD Puskesmas Iringmulyo
Rochayani,S.ST,M.Kes

 


0 Komentar

Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..