Dinas Kesehatan Kota Metro


Tindak Lanjut Rakerkesda Provinsi Lampung TA. 2019 untuk 5 Isu Kesehatan Nasional

RAPAT KERJA KESEHATAN DAERAH KOTA METRO TA. 2019

Pembukaan oleh Sekda Kota Metro Ir. A. Nasir AT, MM


Di Ballroom Hotel Grand Skuntum Kota Metro pada tanggal 24 April 2019 Dinas Kesehatan Kota Metro menyelenggarakan Rapat Kerja Kesehatan Daerah Kota Metro TA. 2019 dengan mengundang peserta dari Organisasi Pemerintah Daerah Kota Metro, Ketua TP PKK, Ketua DWP, Kemenag, Direktur RS Se-Kota Metro, BPJS Kota Metro, LSM SNV dan LSM YKWS, serta tokoh-tokoh masyarakat yang telah membantu pelaksanaan kegiatan di Lapangan terkait pencapaian target isu-isu nasional di Kota Metro. Narasumber yang mengisi pada acara tersebut adalah Dr. dr. Hj. Reihana, M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung), Ir. Bangkit Haryo Utomo, MT (Kepala Bappeda Kota Metro) dan Dr. Erina Pane, SH, M.Hum (Lektor Kepala UIN Raden Intan Lampung).

Dalam sambutannya sekaligus membuka Acara, Sekda Kota Metro Ir. A.Nasir A.T., MM menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Metro pada acara ini adalah suatu hal baik, akan lebih baik lagi apabila ada kegiatan berikutnya yang mengevaluasi hasil dari kegiatan hari ini dan kemudian dituangkan dalam perencanaan untuk kegiatan TA. 2020. Beliau juga menyampaikan kisah tentang RA. Kartini "dari goresan-goresan tangan kartini lah maka seluruh dunia mengeluarkan kesepakatan untuk pembatasan usia menikah karena ternyata Angka Kematian Ibu terjadi pada kasus-kasus wanita yang menikah di usia muda, seperti apa yang terjadi pada Kartini, maka Kartini bukan hanya Pahlawan Indonesia akan tetapi juga Pahlawan Dunia. Kartini tidak berjuang dengan fisiknya tetapi Kartini berjuang dengan goresan-goresan tangannya". Selanjutnya Sekda memberikan penghargaan kepada Tokoh Masyarakat, Kader Kesehatan dan Petugas Puskesmas Ganjar Agung yang terlibat dalam pendirian OEMAH TB di Kecamatan Metro Barat Kota Metro, yang dampaknya cukup signifikan dalam mengejar salah satu target isu kesehatan nasional yaitu peningkatan CDR (case detection rate) TBC; Sekda juga menyampaikan apresiasi kepada Narasumber yang telah bersedia hadir dengan memberikan Plakat dan Sertifikat sebagai Narasumber.

Untuk tahun 2019 ini Indonesia khususnya dibidang kesehatan akan menyelesaikan Isu Kesehatan Nasional yang terdiri dari :

  1. PENURUNAN STUNTING
  2. PENURUNAN AKI AKN
  3. ELIMINASI TBC
  4. PENINGKATAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PTM
  5. PENINGKATAN MUTU DAN CAKUPAN IMUNISASI


0 Komentar

Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..