Dinas Kesehatan Kota Metro


Kegiatan Keripek Paru di Lapas Kelas IIA Kota Metro


Dinas Kesehatan Kota Metro, Hari Kamis Tanggal 11 april 2019 Puskesmas Iringmulyo melakukan kegiatan KERIPEK PARU (Kita Perangi Penyakit Tb Paru) di lapas kelas IIA Kota Metro. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan serta memberikan penyuluhan terkait Penyakit Tb paru Serta penjaringan suspek  Tb paru. Kegiatan ini dibawah Arahan dan Bimbingan Kepala UPTD Puskesmas Iringmulyo (Rochayani,S.ST.M.Kes) yang dilaksanakan oleh pemegang Program P2 Puskesmas Iringmulyo (Regina Scunda Maya Akbar,A.Md.Kep) berkoordinasi dengan Petugas Laboratorium Puskesmas Iringmulyo (Retno Ida Listyawati,SKM).

Tuberkulosis (TB Paru) masih menjadi momok penyakit yang menakutkan bagi masyarakat dunia, terutama di Indonesia. Tingkat kesembuhan semua kasus tuberkulosis di Indonesia pada tahun 2016 hanya berkisar 85%, merosot dari tahun 2008 yang berhasil mencapai 90 persen sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kemenkes. TB bahkan masih menjadi infeksi penyebab kematian nomor satu di Indonesia. 

Tuberkulosis alias TB atau TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini biasanya menyerang paru-paru sehingga disebut TB Paru. Orang awam biasa menyebutnya dengan flek paru atau paru-paru berlubang. Penyakit TBC menular ketika pengidap TB mengeluarkan dahak atau cairan liur dari mulutnya yang berisi kuman M. tuberculosis ke udara misalnya saat batuk, bersin, berbicara, bernyanyi, atau bahkan tertawa — dan kemudian dihirup oleh orang lain. Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit TBC bisa berakibat fatal.

Terkait pemeriksaan TB, sampel dahak dengan memberikan pot dahak kewarga binaan lapas kelas IIA metro yang sedang batuk untuk dilakukan pemeriksaan dahak dipuskesmas iringmulyo serta berkordinasi dengan ahli Gizi Puskesmas Iringmulyo (Penin Sula,A,Md.Gz) memberikan layanan konseling gizi bagi warga binaan khususnya yang teridentifikasi penyakit tb paru.

Kegiatan keripek tb paru ini diharapkan menjadi salah satu upaya untuk memberantas penyebaran penyakit Tb paru sesuai dengan motto kami"temukan tuberkulosis obati sampai sembuh" dan diharapkan pula kegiatan ini dapat menaikan angka cakupan tb paru dikota metro khususnya wilayah puskesmas iringmulyo.

 

Demikian, terima kasih.

Kepala UPTD Puskesmas Iringmulyo
Rochayani,S.ST,M.Kes

 

 

 


3 Komentar

  1. james621lara
    james621lara
    13 April 2019 - 17:23:43 WIB

    I agree with you 100% ;)
    https://games.lol/

  1. puneet
    puneet
    26 April 2019 - 13:00:58 WIB

    Yes Pulmonary TB is a fatal disease.
    https://downloadstatus.xyz

  1. henry jones
    henry jones
    01 Juni 2019 - 16:51:01 WIB

    Thanks for sharing this informative post.. ! the banner is really an amazing post.. :D

    https://www.godissertationhelp.co.uk/
    https:/ /www.godissertationhelp.co.uk/buy-dissertation-online/
    nhttps://www.godissertationhelp.co.uk/dissertation-writin g-services/


Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..