Dinas Kesehatan Kota Metro


GREBEK PASAR Kolaborasi OKE TB dengan TBC Care Aisyiyah Kota Metro

GREBEK PASAR OKE TB


Dasar kegiatan Pelaksanaan kegiatan ini adalah :

1.  Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan.

2. Surat Kepala Sub sub Recepient Community TB-HIV Care Kota Metro Nomor : 016/SSR-MTR/NR/3/2019 tanggal 24 Maret 2019 Perihal 

     Permohonan Dukungan dan Kerjasama Grebek TB day.

3. Surat Kepala Puskesmas Metro Nomor : 800/0258/D-2.U1/2019 tanggal 25 Maret 2019 Perihal Pelaksanaan kegiatan Grebek Pasar 

     Kolaborasi OKE TB dengan TBC Care Aisyiyah Kota Metro

Maka dengan ini kami melaksanakan kegiatan Grebek Pasar Kolaborasi OKE TB dengan TBC Care Aisyiyah Kota Metro sebagai berikut :

  1. Kegiatan dimaksud berupa Penyuluhan TBC, Pembagian Masker, Pembagian Leaflet dan Penjaringan Suspect TBC.
  2. Kegiatan dilaksanakan oleh program TBC melalui pengembangan Inovasi OKE TB Puskesmas Metro untuk cakupan yang lebih luas berkolaborasi dengan TB Care Aisyiyah Kota Metro dan Lintas Sektoral dalam hal ini adalah Dinas Perdagangan, melaksanakan GREBEK PASAR Kota Metro yang mencakup pasar Kopindo, Mega Mall dan Pasar Terminal.
  3. Kegiatan tersebut berkaitan erat dengan makna OKE TB yaitu Observasi daerah-daerah beresiko terjadinya penyebaran TBC, dalam hal ini pasar merupakan tempat beresiko terjadinya penyebaran TBC, kemudian melakukan penyuluhan melalui pembagian leaflet tentang TBC dan menghimbau kepada masyarakat terutama yang sedang batuk menggunakan masker yang dibagian langsung di lakoasi, dan diambil sampel dahaknya dengan menggunakan pot dahak yang telah disediakan untuk diperiksa dipuskesmas dengan menyertakan nomor kontak yang bisa dihubungi.
  4. Selanjutnya jika tidak dapat berdahak saat itu maka dibawakan pot dahak untuk mengirimkan besok paginya ke Puskesmas Metro untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium Puskesmas.
  5. Jika hasil positif maka pasien akan dihubungi dan wajib dilakukan pengobatan hingga tuntas di puskesmas Metro tanpa biaya apapun (gratis).
  6. Selain Grebek Pasar, OKE TB juga melaksanakan kegiatan ketuk pintu dari kantor ke kantor maupun tempat-tempat umum dan daerah-daerah kantong TBC yang diduga dapat menjadi sumber penyebaran TBC.
  7. Kegiatan tersebut diatas diharapkan dapat menjadi daya ungkit program dalam menaikkan angka cakupan dan merupakan upaya eliminasi TBC Kota Metro yang menjadi issu Nasional tahun 2018.

Demikian, terima kasih.

Kepala Puskesmas Metro

Daniel,SKM,M.Kes

       


0 Komentar

Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..