Dinas Kesehatan Kota Metro


Peran Aktif SBH dalam Rangka Pemberantasan Sarang Nyamuk melalui Ovitrap


Dinas Kesehatan Kota Metro, Hari Kamis Tanggal 28 Maret 2019 Puskesmas Iringmulyo Melakukan Kegiatan Peran Aktif SBH dalam Rangka Pemberantasan Sarang Nyamuk melalui Ovitrap oleh petugas Pemegang Program SBH (Ety Yuliana,A.Md.Kep) yang bekerja sama dengan Pemegang Program P2 DBD (Regina Scunda Maya Akbar,A.Md.Kep) yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Metro TImur.

Dalam kegiatan ini mengundang para Siswa Anggota Pramuka Shaka Bakhti Husada (SBH) SMK N 1 Metro, SMK N 3 Metro dan MAN 1 Metro bersama para kader Jumantik membuat Ovitrap. Ovitrap merupakan sebuah perangkat yang di buat untuk merangkap telur dan nyamuk dewasa. Nyamuk harus meletakkan telurnya di permukaan atau didalam air sehingga dapat berkembang menjadi larva, pupa dan nyamuk dewasa. Ovitrap berupa wadah berisi air yang di tutupi jaring, sehingga telur-telur yang di letakkan oleh nyamuk di permukaan air saat menetas dan menjadi nyamuk dewasa tidak mampu keluar dari wadah tersebut, sehingga tidak dapat mencari makan sehingga mati.

Pemasangan ovitrap di lingkungan sekitar rumah penduduk daerah-daerah endemis yang dapat mengurangi laju pertumbuhan populasi nyamuk. Populasi yang berkurang juga akan berdampak pada penurunan angka infeksi malaria dan DBD di suatu wilayah. Pembuatan ovitrap dapat meunggunakan bahan-bahan bekas yang mudah ditemukan dilingkungan sekitar seperti ember atau wadah dan plastik bekas.

adapun bahan dan alat untuk membuat Ovitrap sederhana :

– Botol plastik bekas ukuran 1,5 liter.
– 200 ml air
– 50 gram gula merah
– 1 gram ragi

Langkah-langkah pembuatan:

1) Potong botol plastik di tengah. Simpan bagian atas/mulut botol.

2) Campur gula merah dengan air panas. Biarkan hingga dingin dan kemudian tuangkan di separuh bagian potongan bawah botol.

3) Tambahkan ragi. Tidak perlu diaduk. Ini akan menghasilkan karbon-dioksida.

4) Pasang/masukkan potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik seperti corong.

5) Bungkus botol dengan sesuatu yang berwarna hitam, kecuali bagian atas, dan letakkan di beberapa sudut rumah Anda.

Hasil Pembuatan Ovitrap Tersebut diberikan di sekitar wilayah Puskesmas Iringmulyo dan diberi prosedur tata cara pembuatan ovitrap secara sederhana.

Diharapkan Para Warga Khususnya di wilayah Puskesmas Iringmulyo mengetahui cara Pembuatan Ovitrap yang dapat digunakan di rumah.


0 Komentar

Tulis Komentar

  • Facebook Fanpage

  • Polling

  • Tentang Kami

    Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..