Dinas Kesehatan Kota Metro


KEGIATAN INTERVENSI PIS PK KELURAHAN HADIMULYO BARAT oleh UPT PUSKESMAS YOSOMULYO


Dinas Kesehatan Kota Metro, PIS-PK adalah Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga merupakan salah satu program untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan kesehatan. Mengintegrasikan upaya kesehatan perorangan (UKP) dan upaya kesehatan masyarakat (UKM) secara berkesinambungan dengan target keluarga berdasarkan data dan infomasi dari profil kesehatan keluarga.

Dalam rangka pelaksanaaan Program Indonesia Sehat telah disepakati adanya 12 indikator utama untuk penanda status kesehatan sebuah keluarga. Kedua belas indikator utama tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB)
  2. Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan
  3. Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap
  4. Bayi mendapat air susu ibu (ASI) eksklusif
  5. Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan
  6. Penderita tuberkulosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar
  7. Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur
  8. Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan
  9. Anggota keluarga tidak ada yang merokok
  10. Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
  11. Keluarga mempunyai akses sarana air bersih
  12. Keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat

Berdasarkan indikator tersebut, dilakukan penghitungan Indeks Keluarga Sehat (IKS) dari setiap keluarga. Sedangkan keadaan masing-masing indikator, mencerminkan kondisi PHBS dari keluarga yang bersangkutan.

PIS PK dilaksanakan dengan cara pendataan ke setiap keluarga yang ada di wilayah kerja Puskesmas Yosomulyo dengan cara mendatangi rumah setiap penduduk yang dilakukan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Yosomulyo yang didampingi oleh kader yang telah ditunjuk disetiap kelurahan. Hasil PIS PK di Kelurahan Hadimulyo Barat yaitu:

NO

MASALAH

HASIL(%)

1.

 Penderita Hipertensi tidak berobat

75

2.

 Penderita TBC Paru tidak berobat sesuai   standar

52

3.

 Tidak ber-KB

53

4.

 Penderita ggn jiwa tidak mendapatkan   pengobatan

56

 

15 Maret 2019 UPT Puskesmas Yosomulyo mengadakan intervensi terhadap hasil pendataan PIS PK adapaun intervensi yang dilakukan mencakup 4 indikator.

  1. Hipertensi
  2. TBC
  3. KB
  4. Jiwa

Yang diundang dalam pelaksanaan intervensi adalah keluarga yang di dalamnya terhadap salah satu dari 4 indikator yang disampaikan hari ini.

Intervensi PIS PK dimaksudkan untuk meningkatkan kemandirian keluarga dalam melakukan pencegahan, keberlanjutan pengobatan dan resiko untuk menjadi penyakit lebih parah serta menjaga pola hidup sehat seperti di anjurkan. Pelaksanaan intervesi terhadap hasil PIS PK akan dilaksanakan secara berkelanjutan sesuai dengan status kesehatan keluarga berdasarkan wilayah.


Artikel Terkait

    3 Komentar

    1. kenkoiii
      kenkoiii
      27 Maret 2019 - 14:19:00 WIB

      Nice read. Very good post for fun and some time pass <a href="http://bouncingballsgame.com">bouncing balls</a> , <a href="https://red-ball4.com">red ball</a>. Thanks.

    1. kenkoiii
      kenkoiii
      27 Maret 2019 - 14:19:34 WIB
    1. Pinjaman dana
      Pinjaman dana
      28 Maret 2019 - 11:03:49 WIB

    Tulis Komentar

    • Facebook Fanpage

    • Polling

    • Tentang Kami

      Dinas Kesehatan Kota Metro merupakan instansi vertikal dari Pemerintah Kota Metro yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Dati II Metro (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 46, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3825), dan terakhir..